Sabtu, 24 Desember 2011

Seputar Tentang Creatine


CREATINE
            Ada yang mengatakan fungsi creatine adalah untuk tenaga dan daya tahan, namun ada juga yang mengatakan bahwa fungsi creatine adalah pengeringan otot. Sebenarnya apakah fungsi creatine itu?
            Creatine hubungannya ke volumizing cell, pembesaran sel (tentunya sel otot). Creatine akan berefek optimal kalau diimbangi dengan konsumsi karbohidrat tinggi. Sementara konsumsi karbohidrat tinggi bertentangan dengan konsep pengeringan otot. Itulah sebabnya banyak yang bilang pada fase cutting (pengeringan otot), jangan mengonsumsi creatine karena percuma saja. Jika melihat konsep kerja creatine, pernyataan itu betul. Tapi jangan lupa, creatine diproduksi juga oleh ginjal. Jadi hati-hati mengonsumsinya, jangan lupa minum banyak air, karena kalau tidak bisa terbentuk kristal di dalam ginjal.
            Apakah efek negatif dari mengonsumsi creatine secara rutin? Berapa butirkah standar pemakaian/pengonsumsian amino dalam sehari?
Jawaban 1:
            Creatine berlebihan, akan kurang bermanfaat kalau kurang berolahraga. Seperti tipe protein lain, creatine sintesis (monohydrate) sebaiknya diimbangi dengan minum air putih yang banyak. Creatine ditemukan dalam daging dalam jumlah sedikit. Seperti tipe ‘protein’ lain, pengonsumsian air putih diharapkan agar kerja ginjal tidak terlalu berat. Terutama ketika tidak berolahraga.
            Ada periode pemakaian dari Creatine, 1 minggu loading dan 4 minggu maintaining. Dan 2 minggu berikutnya rest. Kemudian dimulai siklus loading lagi, begitu seterusnya. Takaran disesuaikan dengan manual di boxnya.
            Creatine sintesis masih dikatagorikan “sangat aman dikonsumsi” oleh atlit maupun umum. Cuma memang harganya lumayan mahal.
            Untuk standard amino, seperti kebutuhan protein untuk binaraga 2 gram/hari per kg berat badan. Whey protein, BCAA biasa disebut amino juga. Mungkin yang biasa disebut amino adalah BCAA ini
Jawaban 2:
            Efek negatif dari creatine tidak ada, kecuali Anda minum 30 gram creatine sehari (6 sendok teh) dengan minum air putih hanya sejumlah 1 gelas. Creatine itu berasal dari sumber alami, daging-dagingan juga mengandung creatine, jadi jangan jadikan suplemen itu setara dengan OBAT, kalau orang sehat minum obat itu tidak boleh, karena pasti ada efek samping, tapi orang sehat minum suplemen boleh dan malah akan membantu performa secara keseluruhan.
            Amino itu unsur pembentuk protein, daging ayam ada proteinnya, pasti ada aminonya, jadi seberapa banyak boleh makan ayam dalam sehari? Berapa saja boleh, tidak ada batasan, sesuaikan kebutuhan saja, misalnya Amino 2002, kadar amino per tabletnya 2000 mg per butir, itu artinya mengandung protein siap serap sebanyak 2 gram per butir, kalau memang lagi membutuhkan protein tambahan untuk pembentukan otot, minum sehari 10 pun tidak masalah, bahkan untuk seorang atlet seperti Komara Dhita Yana (Atlet Ultimate Nutrition) dia rata-rata makan sehari amino 25 butir (tergantung kebutuhan) dan nilai proteinnya pun baru 50 gram protein (setara dengan 200 gram daging ayam). Yang penting sesuaikan kebutuhan saja. Amino adalah protein siap serap, bagus untuk menjadi bahan baku pertumbuhan otot, mungkin jika Anda perlu patokan standarnya, 3 kali sehari 3 tablet sesuai petunjuk di kemasan, 3 tablet di pagi hari sebelum sarapan (untuk langsung memberi otot bahan baku), 3 tablet sebelum latihan (untuk memberikan gizi dan mencegah pembakaran otot menjadi energi saat latihan), dan 3 tablet langsung sesudah latihan (untuk memberikan gizi bagi otot untuk pemulihan dan pembangunan sel otot baru).
Bagaimana jika memakai creatine, tapi latihannya tidak terlalu intens, sehari latihan sehari istirahat?
            Pakai creatine juga baik karena akan meningkatkan power saat berlatih. Perhatikan baik-baik saran pemakaian yang ada pada botolnya untuk memperoleh hasil maksimal. Latihan 3 kali seminggu sudah cukup. Tinggal bagaimana mengatur nutrisi (pola makan dan diet), program latihan dan istirahat (otot berkembang di luar gym).
            Tapi kalau mau meningkatkan power bukan makan creatine, karena tiap mol creatine hanya menyediakan 2 mol ATP (kira-kira 292 kkal). Nah bandingkan dengan kalau Anda makan nasi banyak-banyak biar glukosa darah Anda naik. Karena tiap mol glukosa menghasilkan 8 mol ATP (dari proses pemecahan glikogen menjadi glukosa)
Saya baru 3 bulan latihan, selama latihan saya meminum L-Men sebelum latihan, dan malam hari menjelang tidur, selama itu ada sedikit perubahan, berat badan saya bertambah sedikit, selama ini saya mau menggunakan Amino dan Cretine, tetapi saya tidak tahu apa itu Amino dan Creatine itu sendiri, yang ingin saya tanyakan:
1) Apa sih Amino dan Creatine itu sendiri??
2) Kegunaan Amino dan Creatine??
3) Kapan waktu menggunakannya??
Kalau Anda mau memakai amino dan creatine, pemakaiannya boleh diatur sebagai berikut:
            Creatine dan amino sebelum latihan. Sesudah latihan (sesegera mungkin) minum L-Men dan amino. Perhatikan kebutuhan simple carbobhydrat tubuh Anda. Pedomannya 1 gr untuk setiap BB hanya pada masa post work-out. Tambahkan juga anti-oksidan (vitamin C dan E ) untuk mengantisipasi radikal bebas yang banyak dilepas tubuh saat berlatih.
            Creatine tujuannya untuk meningkatkan power latihan dan amino adalah protein yang sangat dibutuhkan untuk mengganti sel-sel tubuh yang rusak (a.l otot). Perhatikan petunjuk penggunaan creatine yang tertera pada botolnya. Jangan digunakan terus-menerus tetapi harus direcycle.
            Kalau ingin mendapatkan penjelasan lebih lengkap tentang Amino dan Creatine beserta fungsinya, dapat Anda baca di artikel pada blog ini.
            Apa yang dimaksud atlet binaraga natural. Apa yang selama pembentukan tubuhnya tidak menggunakan segala macam suplemen? Apa saja yang termasuk di dalam kategori steroid? Apakah creatine termasuk di dalamnya?
            Atlet binaraga natural adalah seorang atlet yang mengandalkan 3 aspek kedisiplinan yaitu istirahat, latihan dan pola makan. Binaraga natural bukannya tidak memakai suplemen, melainkan tidak memakai steroid maupun drugs-drugs ilegal lainnya. Jadi ada suplemen atau nutrisi yang tidak boleh dilupakan. Dari suplementasi ini orang-orang biasanya salah mengartikan suplemen/nutrisi itu sebagai suatu obat-obatan perangsang (anabolic steroid). Padahal suplemen itu memang sangat berbeda dengan yang kita kenal. Kalau steroid itu tidak ada hubungannya dengan suplemen-suplemen yang beredar dipasaran. Dasar dari suplemen itu adalah sumber-sumber makanan tambahan dalam bentuk instan, memiliki nilai lebih dari segi protein (pembangun otot), dll yang diperlukan tubuh. Sedangkan untuk steroid merupakan bahan-bahan kimia (drug), yang memang dengan mengonsumsi steroid (baik itu disuntikkan atau dimakan) pertumbuhan otot jauh lebih cepat bahkan super cepat tapi sangat banyak pula efek sampingnya yaitu gagal ginjal, kanker darah, dll.
            Creatine, amino, whey, dll itu adalah suplemen natural. Creatine sendiri bukanlah steroid, namun memiliki sifat anabolic. Sampai saat ini creatine masih dianggap bukan drugs oleh berbagai federasi binaraga karena juga terdapat dalam daging merah, walaupun keberadannya dalam jumlah banyak cukup mengundang kontroversi sesama dokter spesialis gizi dan makanan. Drugs yang sering dipakai utk mempercepat pertumbuhan sel otot adalah GH, EPO, kokain, kadeine, dan anabolic steroid.

Yang masih belum jelas adalah dari dua kategori yang dilombakan, baik itu natural maupun yang profesional (Mr. Universe), apakah keduanya diakui oleh satu Federasi binaraga, atau memang beda federasi, sehingga walau membahayakan jiwa, tapi pemakaian drugs untuk mencapai hasil maksimal dengan target Juara Mr. olympia masih disahkan, apakah setiap kontes Mr. Olympia setiap peserta tidak melewati tes urine? Pernah Milos Sarcev binaraga profesional masuk UGD karena mau menyuntik drug untuk memperbesar tangan akhirnya meleset ke pembuluh darah dan dia koma, walau selamat tapi dia harus kehilangan 25 kg bobot nya. Sampai sekarang cukup banyak atlet-atlet binaraga yang memakai drugs seperti kokain dan zat-zat anabolic steroid lainnya.

Saya baru ke Gym lagi, tapi sempat berhenti 2 tahun dan sekarang sudah berjalan 1 bulan. Dalam 1 bulan ini saya mengonsumsi whey protein dan hydroxycut untuk fat loss. Lumayan, dalam 1 bulan dari 72 turun 69 kg, cuma perut saya tidak mengecil. Lalu rencana saya mau mengonsumsi creatine untuk memperbesar massa otot. Apa boleh? jika tidak, creatine apa yang merknya bagus dan bagaimana cara mengonsumsinya?
Mengonsumsi hydroxycut tujuannya untuk membakar lemak yang ada dalam tubuh. Namun untuk mengurangi lemak dalam tubuh terutama yang ada pada perut, tidak cukup dengan hydroxycut tapi harus diimbangi dengan cardio dan pola makan bersih. Artinya menghindari makanan berlemak, manis, asin dan nasi.

Anda bisa melakukan diet tanpa makan nasi, gorengan, manis dan asin selama 3 bulan penuh. Dibantu dengan hydroxycut dan cardio setiap hari selama 1 jam ( sepeda statis, treadmill dan renang), mungkin berat dan perut akan susut.

Jika telah masuk masa pembentukan, lakukan latihan beban dengan tetap minum seperti hydroxycut bahkan Thermonex (lemak yang dibakar dirubah jadi tenaga) ditambah suplemen Amino (mempercepat recovery), Glutamine (mengembangkan otot) dan Whey Protein (memperbaharui otot yang rusak). Tidak disarankan mengonsumsi Creatine yang bisa menambah power. Sebab Creatine efeknya maksimal, kalau diminum dengan minuman manis dan makan karbohidrat, akibatnya badan sulit kering alias berlemak.

1 komentar:

  1. saya mau bertanya,jika saya mengkonsumsi amino 2000 atau 2002 apakah juga harus mengkonsumsi BCAA Plus ? atau salah satunya saja gak usah ditambah BCAA plus tadi ? kalau memang harus di gunakan semuanya,dosis yg bagiknya seperti apa ? mana yg duluan di minum ?yhx infonya

    BalasHapus