Sabtu, 24 Desember 2011

Masalah Seputar Suplemen


MASALAH SUPLEMEN
1. Untuk membuat KERING tubuh dan OTOT supaya lebih kencang, kira-kira pakai apa ya? AMINO, WHEY, atau apa?
            Mengecilkan perut dan bikin otot kering itu hanya bisa dengan latihan aerobik. Supplement fat burner bisa membantu mempercepat proses ini. Hydro dan NRG (pada saat yang berbeda) keduanya memberi hasil paling memuaskan. Tapi supplement ini percuma kalau Anda tidak pernah jogging atau melakukan aerobik minimal selama 5 menit, setelah latihan beban.
            Untuk merk, rasanya semua sama, karena respon badan kita terhadap masing-masing supplemen berbeda-beda. Ada yang alergi dengan produk dari 1 vendor, tapi vendor lain OK. Tapi ini tidak bisa digeneralisasi. Juga harus dilihat dari kandungan supplemen itu sendiri dan kandungan dompet Anda. Dicari yang memberi rasio protein yang tertinggi terhadap rupiah yang sama.
            Untuk bikin otot kencang, bisa memakai AMINO dan sepertinya ini produk yang paling pas buat mengencangkan badan tapi harganya juga mahal.
2. Saya sudah fitness sekitar 2 tahun saya berat badan saya 76 kg dan tinggi badan saya sekitar 180, saya menggunakan mass gainer 4000 dan creatine setiap kali saya latihan, tapi mengapa otot-otot saya hanya mengembang tapi tidak ada cuttingnya, hanya besar saja sedangkan yang saya inginkan kecil dan berbentuk. Yang saya mau nanyakan apakah pola makanan saya yang salah yang membuat otot badan saya besar tidak berbentuk? Pola makanan seperti apa yang saya harus makan supaya otot saya ada bentuknya? Supplemen apa yang harus saya konsumsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh saya?
            Kemungkinan dari pola makanannya. Cobalah mengurangi konsumsi karbohidrat (seperti nasi) dan lemak (seperti goreng-gorengan) dan makan 5-6 kali per hari. Konsentrasikan untuk memakan makanan yang dikukus, dibakar, dan direbus. Atau kalau benar-benar serius ingin mengeringkan otot bisa mencoba diet rendah karbohidrat (untuk informasi buka situs-situs binaraga. seperti bodybuilding.com, dll.) Pola latihan juga harus diubah, lebih memprioritaskan latihan dengan kabel dan gerakan isolasi dengan repetisi tinggi (10 kg ke atas)
            Sepertinya supplemen yang Anda pakai adalah supplemen untuk membesarkan otot. Artinya selama ini Anda berada di fase bulking. Sekarang sedang tren untuk melakukan cycle antara fase bulking dan fase cutting. Fase bulking memiliki target membesarkan massa otot semaksimal mungkin, dengan kemungkinan ada penambahan lemak tapi seminimal mungkin.
Fase cutting targetnya menghilangkan lemak semaksimal mungkin dengan memper-tahankan massa otot dan meningkatkan definisinya.
            Mungkin Anda bisa coba fat burner menggantikan creatine Anda. Juga pola latihan diubah sedikit dari yang tadinya fokus di berat yang sebanyak mungkin dengan repetisi antara 5-8x, jadi berat moderat dengan repetisi 12 – 15x dan set yang lebih banyak.
3. Saya masih agak bingung dengan xenadrine nrg dan hydrxycut ketika saya membaca specifikasi produk dari ke duanya, beberapa bahan yang mereka gunakan berbeda dan saya bingung menentukan mana yang baik untuk fat burner dari segi harga, kedua produk ini mempunyai harga yang sama. Hal itu semakin membuat saya bingung. Apa perbedaan dari kedua barang ini, baik dari penggunaan maupun efeknya?
            Orang mengatakan fat burn atau pengeringan tubuh yang dilakukan hydroxycut itu halus. Artinya tidak pernah mengalami efek samping dibandingkan dengan xenadrine yang sering membuat orang merasa lapar bahkan sampai membakar otot. Ketika berat badan saya masih 84 Kg, saya menggunakan hydroxycut selama 2 bulan untuk turun menjadi 70 Kg. Karena sulit untuk menurunkan berat sampai menjadi 65 Kg seperti yang ditargetkan pelatihku sebelum dinaikkan kembali sampai 74 Kg dengan bentuk tubuh kering, saya kemudian menggunakan fat burn xenadrine bosster (produk baru), yaitu paket kombinasi xenadrine EFX dengan xenadrine cortisculpt dengan perbandingan 2-1 sekali minum menjelang latihan dengan perut dalam keadaan kosong. Siang hari dengan perbandingan sama kalau sore masih latihan, kalau tidak latihan minum 1-1
Dengan tetap mengatur pola makan, dalam seminggu beratku turun setengah kilo, lumayan. Dengan kapsul paket isi 120 dan 60, harganya sama dengan hydroxycut isi 210 kapsul.
            Menurut saya keduanya waste of money, Anda tidak perlu membeli kedua produk tersebut. Yang penting sekarang latihan beban, pola makan (diet), dan cardio. Nanti pada saat usaha Anda sudah mentok, baru mulai pikir-pikir menggunakan fat burner.
4.Apakah ada suplemen yang bisa membuat kita tidur lebih baik jika kita punya masalah insomnia?
            Anda bisa menggunakan MELATONIN (Nama zat yang dihasilkan oleh reaksi di otak yang menjadikan seseorang jadi mengantuk), itu adalah produknya Ultimate.
            Apakah melatonin adalah sejenis obat atau suplemen, apakah juga ada efek sampingnya, seperti ketergantungan setiap kali kita mau tidur harus makan obat tersebut, harganya berapa untuk 1 botol (isi 60 kapsul)?
            Efek samping dari Melatonin tidak ada, dan tidak ada ketergantungan. Tergantung seberapa parahnya insomnia Anda.
5.Fat burner apa yang bagus, karena di Indonesia tidak banyak variasi dari fat burner yang ada. Bagaimana dengan dengan ripped fuel, hydroxycut dan xenadrine NRG. Kira kira mana yang baik, karena ada berbagai kandungan di dalam masing-masing supplemen yang berbeda?
            Hydroxycut bagus. Cuma dulu bagus karena pake Ephedrine (Ma Huang). Sekarang coba saja Xenadrine NRG, hasilnya bagus. Tapi semua fat burner umumnya mengandung caffeine, jadi buat yang alergi caffeine, lebih baik jangan memakainya. Juga konsumsi supplement apa pun harus ditambah konsumsi air yang lebih banyak. Air ada efek mendinginkan karena mengisi cairan sel, tapi juga bersifat thermogenic.
6. Berat badan saya sekitar 98 kg dan tinggi 178 cm, saya sudah melakukan fitness selama hampir 3 tahun. Apakah dengan mengonsumsi whey protein, berat badan saya dapat bertambah atau hanya mempengaruhi pembentukan otot saja. biasanya saya mengonsumsi amino dan saya ingin mencoba whey protein, mengingat whey dapat dijadikan pengganti dari makan malam atau sarapan?
            Berat badan mungkin bertambah. Tapi yang jelas konsumsi whey protein dan latihan yang sesuai serta istirahat yang cukup akan menaikkan massa otot. Yang efeknya mungkin diikuti penurunan berat (kalau lemaknya masih banyak), atau penambahan berat (kalau sudah cukup kering badannya). Semua tergantung dari program latihan Anda sendiri.
7. Mana produk whey protein yang paling bagus?
            Untuk yang bagus, carilah yang 0 Fat, 0 Carb dan cari yang High Protein Isolate (Murni), dan untuk nambah besar masa otot cari yang berkalori tinggi disamping High Protein ditambah dengan creatine dan minum yang banyak.
            Atau bisa dengan cara alami dengan cara mengganti pola makan dengan yang alami mengandung protein seperti dari Hewani: Daging ayam terutama dada dan paha, buang kulitnya. Putih telur biasa didapat di tukang jamu dan toko kue, harganya murah, tidak sampai Rp. 2.000 untuk setengah kilonya dan makan dari Produk Nabati seperti kedelai dan tauge atau sayuran lain untuk mencakupi nilai gizinya, seperti capcai tanpa kuah atau sayur sop yang semuanya kadar minyaknya bisa kita hilangkan dengan dicuci dulu dengan air panas. Biasanya dimakan dengan menggunakan Susu Kental Manis agar tidak mual saat memakannya.
            Untuk Multi vitamin banyak banyak dijual di pasaran tergantung kondisi keuangan, tapi ingat jika ada Silica Gel berarti itu jenis obat dan bukan supplement, kalau kondisi malas berolahraga, carilah supplement yang yakin bisa meningkatkan semangat terutama untuk nge-pump dan cari kawan untuk menjadi saingan dalam memacu diri Anda untuk menjadi lebih baik. Ingat kalau makan yang mengandung protein harus lebih semangat. Yakinkan Otot Anda akan menjadi lebih besar, jika Anda ragu akan latihan di Gym, cari majalah tentang.
cara-cara latihan yang benar atau cari videonya terutama dari atlit Binaraga Dunia.
8. Setiap malam sebelum tidur selalu minum protifar, lalu besok siangnya saya selalu merasakan pusing. Apakah ada yang lain juga yang seperti saya? MengapA hal itu bisa terjadi? Apakah mungkin saya terlalu banyak mengonsumsi protein?
            Tidak ada hubungan langsung antara mengonsumsi protein dengan pusing-pusing, apalagi pusingnya sehari sesudahnya. Jika minumnya sesuai petunjuk di kotak, itu sama sekali tidak kebanyakan. 5 scoop protifar paling-paing hanya berisi 8-10 gram protein.
9. Kapan mengonsumsi Glutamine, sebelum atau sesudah workout? Apakah boleh dicampur dengan minuman lain karena berbentuk powder. Apa hydroxycut sama thermonex fungsinya sama untuk membakar lemak menjadi tenaga? Bagaimana dengan produk lipo-6, katanya lebih bagus?
            Minumlah Hydroxycut/Thermonex (fungsinya sama) dan amino masing-masing 2 butir setelah bangun tidur atau satu jam sebelum latihan. Setelah latihan minumlah 2 butir amino ditambah sesendok teh Glutamin dicampur Whey Protein. Siang hari minumlah 1 butir hydro/thermonex, malam sebelum tidur minum amino + glutamin + whey protein. Ditambah tetap menjalankan diet carbo dan fat.
10. Saya fitness sudah setahun. Awalnya BB 60 Kg, perubahan otot baik. Tapi setelah diet (tidak makan malam dan diganti dengan buah) selama 6 bulan, BB turun menjadi 56, dan kelihatan agak kecil. Saya berminat mencoba muscle juice. Nah pertanyaan saya:
1. Berapa kali dalam sehari kita menkonsumsinya, bagaimana (dicampur apa, atau spt susu biasa), kapan saja dan takarannya berapa?
2. Apakah tidak masalah jika dibarengi dengan amino ?
3. Apakah untuk mengkonsumsi creatine, kita menunggu beberapa saat (udah bulking), artinya setelah muscle juice habis?
4. Bagaimana dengan pola makanan sehari-hari, adakah yang berubah, apakah tetap 3 kali makan sehari?
5. Mana yang lebih baik, creatine atau prostar whey (setelah BB cukup)
6. Apakah muscle juice ini tidak menambah lemak sekitar perut?
            Kalau kita coba hitung harga per servingnya, lebih mahal muscle juice. Di kemasannya tertulis sampai 4 scoop/serving (55 gram protein), namun 2 scoop aja (27 gram protein) dah cukup kayaknya bagi kebanyakan orang Indonesia, dan inipun masih lebih mahal ketimbang 1 scoop-nya Prostar Whey.
            Muscle juice memang weight gainer, dan memang harga weight gainer (per serving) kebanyakan lebih mahal daripada whey protein, karena nutrisinya lebih lengkap dan lebih banyak.
Kalau kita masih agak ‘kurus’ dan ingin bulking + menambah berat badan dengan cepat, muscle juice lebih cocok karena karbohidratnya tinggi + mengandung lemak sehat. Kalau berat badan dirasa sudah cukup, prostar whey saja.

4 komentar:

  1. Sy be rat 62 kilos tinggis 165 cm,cewek, 34 thn. Kyknya smenjak kecil masalah sy cuma 1, Perut buncit. Well,semenjak berenti kerja 10 bln, sptnya making gawat. Sy suka olahraga Dr dulu,cuma adem ayem. Tp jd 4 blm belakangan ikut fitness. Seminggu 5x sekitar 3-4 jam-an. To OK be rat gk turun2 n body making guede. Sy cb treadmill,bodypump,body combat, sit up,free weight utk bangun masa otot. To nothing happen. Gmn sih cara yg bener?

    BalasHapus
  2. Bro sory ane g baca ampe tuntas,tpi awal pembahasan tentang tubuh kering it kurang bener,tubuh kering it hal paling penting supaya tubuh kering itu pola makan it kuncinya,mau latian,karir n suplement kek mana klw makan kotor y ttp basah

    BalasHapus
  3. saya mau tanya.. klw saya minum hydroxycut dan amino sekaligus apa tidak maslaah? atau ada efek samping? atau sebaik ny gmn?

    BalasHapus
  4. aku cewek minum muscle juice 2600, kira2 cepet gak ya nambah berat badanku? berapa minggu/brp bln kelihatan?

    BalasHapus