Sabtu, 24 Desember 2011

Pemakaian Amino


PEMAKAIAN AMINO
1.Jika sudah 3 minggu memakai amino, di antara waktu makan sebelum latihan (3 tablet) dan sesudah latihan (3 tablet), tapi sepertinya tidak ada pengaruh, malah sepertinya otot agak mengempis terutama dada. Apa penyebabnya?
            Pakai amino sudah benar. Kalau merasa otot agak mengempis bagaimana mengukurnya? Apakah bukan hanya perasaan saja?. Kalau Anda baru latihan, perlu untuk diketahui bahwa saat otot dilatih keras maka otot akan mengembang karena kontraksi. Tapi hal ini tidak terjadi lama karena otot akan kembali mengempis seiring dengan menurunnya kontraksi. Untuk membuat otot berkembang semakin besar maka tubuh harus diistirahatkan dengan baik (minimal 8 jam sehari). Penuhi kebutuhan protein dan karbohidrat untuk mendukung pertumbuhan.
            Otot mengembang saat latihan itu tidak lebih karena naiknya kadar gula darah, gula itu bisa ada dari proses pemecahan glikogen otot dan glikogen hati. Nah kondisi ini menimbulkan kondisi sel yang hipertonis (suatu kondisi di mana tekanan osmosis di luar sel lebih besar dari di dalam sel). Itulah sebabnya mengapa otot kita kelihatan membesar. Berkaitan dengan ini, sehabis latihan seharusnya makan karbohidrat atau apapun yang seperti karbohidrat. Tujuannya adalah untuk mengganti glikogen yang habis dipakai saat latihan. Nah setelah itu baru dihajar dengan diet tinggi kalori tinggi protein.
2.Ada teman saya (dia instruktur fitness di sebuah gym) mengatakan amino sebaiknya diminum sebelum dan sesudah latihan. Mana yang benar dan sesuai dengan prosedur?
            Apa yang dikatakan oleh teman Anda tidak salah. Logikanya kurang lebih demikian :
            Setiap kita melakukan latihan, apakah itu weight training ataupun cardio (endurance) selalu akan terjadi pengikisan terhadap otot. Sampai dengan tahap tertentu otak akan memerintahkan tubuh memproduksi tenaga dari karbohidrat yang tersimpan di otot. Kita semua tahu bahwa otot dengan dukungan protein akan menyimpan karbohidrat. Itu sebabnya dalam pembentukan otot selalu diperlukan protein dan karbohidrat. Nah proses pembakaran otot (katabolisme) ini terjadi dengan mengubah serat otot kembali menjadi amino untuk dibakar. Oleh sebab itu mengonsumsi karbohidrat dan protein (amino) dalam jumlah yang cukup sebelum latihan adalah cara jitu untuk meminimize katabolisme.
            Jangan lupa pada masa post work-out penuhi sesegera mungkin apa yang sangat diperlukan oleh otot yaitu : Karbohidrat dan Protein. Konsumsi simple carb liquid 1 gr per kg berat badan dan protein 0.3 – 0.5 gr per kg berat badan pada masa post work out ini.
3. Saya pernah aktif di gym sekitar tahun 2000, pada saat itu, saya mengonsumsi amino acid. Tak lama kemudian, terjadi acne breakout, sampai punggung saya penuh jerawat, lalu saya memutuskan untuk berhenti, sampai akhirnya jerawat berhasil sembuh dan akhir-akhir ini, sudah 4 bulan mulai aktif lagi di gym saya ingin menggunakan suplemen kembali, tetapi agak takut kalau jerawat muncul lagi saya sudah mencoba mengonsumsi telur 5 butir setiap hari, tapi tubuh saya kembali menolak karena muncul beberapa jerawat kecil, karena itu saya stop kembali. Apakah ada solusi lain untuk memasok protein atau suplemen yang membantu memperbesar otot? Kira-kira dengan mengonsumsi suplemen, untuk butuh berapa lama untuk mempunyai tubuh yang bagus?
            Mungkin hal itu terjadi karena tubuh kita awalnya belum beradaptasi dengan asupan protein dengan jumlah yang banyak sehingga mempengaruhi kondisi hormon di tubuh. Tapi lama kelamaan juga akan normal kembali jika tubuh sudah terbiasa, jadi coba saja diteruskan dulu dengan tetap latihan intensitas tinggi.
            Jerawat yang keluar di punggung Anda atau di muka Anda ini karena ada proses dehydration atau karena kurangnya minum air, sewaktu kita mengonsumsi supplemen yang banyak di dalam dunia binaraga, air memegang peranan penting di dalam sistem tubuh kita. Oleh karena itu minum air yang banyak supaya tidak terjadi dehidrasi.
4.Saya mengonsumsi susu kedelai tiap harinya. apa efeknya jika diminum dengan amino? Apakah flavoid itu dan apakah hal itu berdampak negatif buat laki-laki?
            Amino tidak masalah diminum dengan susu. Susu kedelai juga bagus. Cuma susu kedelai mengandung flavoid yang efeknya sama dengan estrogen. Menurut penelitian di Amerika, susu kedelai dapat meningkatkan kandungan estrogen dan banyak digunakan untuk membantu terapi hormon buat wanita yang menopause. Tapi penelitian ini tidak dilakukan atas pria.

35 komentar:

  1. kalau amino diminum sebelum tidur apakah baik... ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. di minum 3 tablet sesudah tidur, 3 tablet sebelum latihan, 3 tablet sesudah latihan

      Hapus
    2. kalau sudah tidur gimana cara minumnya?

      Hapus
    3. @sesudah dgn sudah beda broo, udah jelas di coment sesudah....

      Hapus
    4. @sesudah dgn sudah beda broo, udah jelas di coment sesudah....

      Hapus
  2. Suplemen amino kan gedhe bang, tu cara makenya dikunyah apa langsung telen kayak minum obat biasa

    BalasHapus
    Balasan
    1. di kunyah bang caranya ampe habis

      Hapus
    2. Mas, mau tanya.. Kalo minum Amino di barengi dg BCAA boleh apa nggak?atau sebaiknya amino dulu atau BCAA sblm latihan. Thanks infonya

      Hapus
    3. Waahh saking gedenya saya gk tau tk potong jadi 2 lalu tk telan pakai air.. Nyangkut ditenggorokan, akhirnya saya kunyah ternyata enak kyk susu campur kacang.

      Hapus
  3. Kalau langsung diminum dengan menggunakan air mineral gimna bang?soalnya klw dikunyah rasa nya getir dan tidak enak di lidah.
    Thx

    BalasHapus
  4. Kalau langsung diminum dengan menggunakan air mineral gimna bang?soalnya klw dikunyah rasa nya getir dan tidak enak di lidah.
    Thx

    BalasHapus
  5. Sepertinya dikunyah jauh lebih baik krn besarnya tablet...disamping akan mudah dicerna krn efek kunyah...akan tetapi bila kunyah trasa aneh. Mk lebih digerus ya....

    BalasHapus
  6. Sepertinya dikunyah jauh lebih baik krn besarnya tablet...disamping akan mudah dicerna krn efek kunyah...akan tetapi bila kunyah trasa aneh. Mk lebih digerus ya....

    BalasHapus
  7. Apakah amino 2002 bisa di mix dgn super gainer full? Apakah ada efeknya?

    BalasHapus
  8. Kalau mengkonsumsi telur sebaiknya sebelum/sesudah workout?

    Thx

    BalasHapus
  9. Bang kl minum amino pas mau lthn 2 sesudah lthn 2 mau tdr dua dan d tambah mkn telur dua bagus gak bang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sangat bagus sekali....tapi boros amino nya

      Hapus
  10. Bang cara minum amino nya gimana di kunya pake air mineral gak..
    Sebelom nge gym berapa tablet bang.

    BalasHapus
  11. Bang cara minum amino nya gimana di kunya pake air mineral gak..
    Sebelom nge gym berapa tablet bang.

    BalasHapus
  12. Gann, mau nanya ni, aq kan pakai mutan amino, rencanax latian setiap jam enam pagi, tolong kasih tau aq dong memakai mutant amino setiap kapan aja , sebelum dan sesudah latian waktux berapa menit gan, mohon balas ya gan, makasih banyak gab

    BalasHapus
  13. amino 2002 bisa naikan masa berat badan gak?

    BalasHapus
  14. kalau pemula minum mutant amino atau superior amino 2222 . 2 bulan fitness gak minum suplement. apa boleh ? makan 2 jenis amino itu

    BalasHapus
  15. Makasih bangggg . Jadi tahu saya. Aman kan buat wanita ???

    BalasHapus
  16. Apakah bisa amino 2000 dicampur susu......??

    BalasHapus
  17. Saya sudah lama ikut gym tapi kadang aktif kadang ngak
    Awal ikut gym Bb 49kg setelah hampir 4thun ikut Bb 68kg
    Skrang sya pake aminno 6000
    Yng sya tanyakan kalo sya bagun pagi dan pengen latihan.. makan nasi dulu trus mkn amino trus latihan apa makan amino dlu latihan trus bru makan nasi..
    Thnks

    BalasHapus
  18. Saya orang baru yg baru belajar buat memperbesar masa otot dada dan tubuh.tp langsung pakai l men dan amino 2002.mohon bimbingannya buat suhu.

    BalasHapus
  19. Ajaran siapa? Kalo kita sehabis workout itu membuat otot kita terkikis? Otot tidak akan menjadi anabolic ketika lemak kita masih di atas 15% . Kecuali anda binaraga dengan jumlah lrmak yg sangat2 tipis. Jgn membodohi masyarakat dengan statemen yg tdk bersumber dari dokter/peneliti. Ingat otot tidak akan menyusut selama masih terkandung lemak di tubuh kita. Suplemen hanyalah pembantu ketika kita tidak sempat makan yg mengandung cukup protein. Tubuh akan memproses protein yg berasal dari makanan yg kita makan seharian bahkan selagi kita tidur. Jadi pertanyaan mana yg bagus konsumsi protein sebelum/sesudah latihan adalah pertanyaan yg lucu

    BalasHapus
    Balasan
    1. *koreksi* Otot tidak akan menjadi katabolic ketika lemak kita masih di atas 15%

      Hapus
  20. Semua masukan bagus yg penting niat utk menjalankan planingnya

    BalasHapus
  21. apakh amino bisa dcmpur dengan kutraker nanas susu slae kcang dan pisang dengn diblnder

    BalasHapus
  22. ribet fontnya bikin pala pusing.

    BalasHapus
  23. Mohon maaf sy baru mau memulai gym,karena takut tidak cocok apabila dosis terlalu besar 3 sebelum dan 3 sesudah latihan. Bisakah dikurangi dosisnya jadi 1 butir sebelum dan 1 sesudah latihan agar tubuh bisa beradaptasi?

    BalasHapus